harry potter

harry potter

Kamis, 04 November 2010

“DARI MANA DATANGNYA SIHIR?"

Saat keluarga ron Weasley berlibur ke Mesir di buku Azkaban, Hermione mengaku, “Aku benar-benar iri. Para penyihir Mesir kuno benar-benar menakjubkan.” Ia mungkin sepakat dengan banyak cendikiawan yang
menganggap Mesir sumber ilmu sihir.

# AGAMA DAN SIHIR DI MESIR

Hieroglyph, gambar-gambar yang dipergunakan bangsa Mesir kuno sebagai bahasa tertulis, mencatat bahwa sihir dan agama di Mesir berhubungan erat. Dewa-dewa Mesir, tidak seperti dikebudayaan lain, memercayakan ilmu sihir kepada umat manusia. (Sebagai perbandingan, menurut mitologi Yunani sang pahlawan Prometheus – yang namanya berarti “berfikir kedepan” – harus mengakali para dewa agar memberikan api, yang melambangkan kehidupan dan pengetahuan).

Menurut agama di Mesir, sihir diciptakan dalam wujud Dewa Heka segera setelah dunia diciptakan. Nama Heka sebenarnya menjadi kata yang berarti “sihir”. Setelah sampai di telinga orang Yunani, lalu diberi ejaan dan pengucapan local, kata itu berubah menjadi “mageia”, yang merupakan akar kata dalam dalam bahasa Inggris yang kita gunakan sekarang “magic”.


# MANTRA MESIR

Bangsa Mesir amat tergantung pada jampi dan mantra. Dengan diucapkan, maka sebuah tindakan terjadilah. Kadang kala kata-kata itu diucapkan diatas boneka lilin atau tanah liat yang dibentuk sesuai wujud seseorang atau benda yang menjadi sasaran sihir itu. Mantra-mantra ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan, namun kadang juga untuk melakukan hal kurang baik.
Seorang penyihir, Weba-aner, dikisahkan pernah menghidupkan boneka kecil berbentuk buaya disebuah persidangan. Hewan mematikan itu membunuh kekasih ratu yang berzina, kemudian dikembalikan ke wujud aslinya oleh sipenyihir.
Ada satu lagi kisah penyihir yang menjadi pemimpin dengan menggunakan tekhnik ini untuk menguasai semua raja dibawah kesaktiannya. Ia menenggelamkan replica-replika kapal musuh, yang menyebabkan kapal aslinya tenggelam.
Meski demikian, sihir Mesir tidak terlalu memikirkan harta duniawi dibandingkan kesucian. Menurut sebuat teks, “Ia yang merupakan pendeta bagi yang hidup….melakukan tindakan yang benar tanpa mencari imbalan. Guru seperti itu hidup dalam kedamaian.”


# SCARAB

Mesir juga tempat asalnya Scarab, kumbang yang dikenal oleh murid-murid Hogwarts dipelajaran Ramuan.
Scarab disebut kumbang kotoran karena mereka mengumpulkan dan menggelindingkan bola-bola kotoran tempat mereka bertelur. Pada zaman Mesir kuno tindakan mereka menggelindinkan bola kotoran ini dianggap sebagai symbol penggerakan matahari melintasi langit.
Scarab berangsur-angsur juga menjadi lambang kehidupan abadi. Ukiran Scarab untuk amulet diletakan dijantung mumi untuk mempersiapkan mereka dalam perjalanan menuju kehidupan setelah kematian. Scarab masih merupakan motif untuk perhiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar