harry potter

harry potter

Kamis, 04 November 2010

Kepala Departemen Perlindungan Makhluk Gaib Wanita Pertama

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan identititas Hermione Jane Granger. Ya benar. Wanita cantik dan menarik ini sudah lama menjadi incaran banyak departemen di Kementrian Sihir sejak tahun kelulusannya dari Sekolah Sihir Hogwarts. Tapi apa yang menyebabkan wanita berbakat ini berlabuh kepada Departemen Perlindungan Makhluk Gaib Kementrian Sihir.

Salah satu sahabatnya, Harry Potter, mencoba menjabarkan beberapa opini mengapa Hermione memilih departemen ini sebagai jalan hidupnya saat ini. "Dalam beberapa kesempatan memang Hermione sangat peduli dengan pemerataan hak para makhluk non manusia yang seringkali dikelasduakan oleh kita," demikian tuturnya. Hanya dalam beberapa kesempatan? "Ya. Karena tetap saja dia adalah wanita yang terkadang merasa kurang nyaman berada di dekat bebrapa mahkluk gaib," tambahnya.

Dalam beberapa momen mereka bersama di Sekolah Sihir Hogwarts, kepedulian wanita ini sudah mulai terlihat bahkan sejak dia masih duduk di tahun keempat. Dimana nalurinya mulai terusik dengan pikiran tentang diperbudaknya peri rumah di sekolah bersejarah ini. Mengetahui informasi secara tidak sengaja dari hantu menara Gryffindor, Sir-Nicholas, tentang keberadaan peri rumah dan cara masuk ke dalam dapur, ia mulai menyusun S.P.E.W sebagai Gerakan Pembebasan Peri Rumah. Hal ini tidak berhasil karena peri rumah di Hogwarts merasa hal ini justru akan melukai harga diri mereka. Dobby, peri rumah yang ia tunjuk sebagai referensi keadilan peri rumah dimatanya justru dianggap sebagai pembangkang di kalangan peri rumah Hogwarts lainnya.

Kepedulian terhadap makhluk gaib lainnya dapat terlihat dari sikapnya pada Kreacher-peri rumah keluarga Black- saat mereka menggunakan Grimauld Place nomer 12 sebagai Markas Orde Phoenix saat masa kembalinya Anda-Tahu-Siapa. Selain itu, Harry menambahkan, Hermione juga sangat peduli pada para centaur dan raksasa. "Saat kami terperangkap di Hutan Terlarang bersama Dolores Umbridge, Hermione terlihat sekali sangat mengkhawatirkan centaur yang terkena mantra ikat Umbridge. Dia sampai memohon mohon pada Umbridge untuk melepas ikatan yang membelit tubuh centaur Bane" terangnya. "Dan dia bahkan lebih mengkhawatirkan adik Hagrid, Grawp, dibanding keselamatan kami berdua. Kalau tidak kuingatkan mungkin ia sudah berlutut disana dan membebat luka Grawp dengan lengan bajunya" tambahnya lagi.

Kepedulian ini yang sangat jelas mengantarkannya pada posisinya sekarang di Kementrian Sihir, selain karena isi otaknya tentu. Tapi Harry agak menyayangkan hal ini. "Aku senang dia meneruskan ambisinya ke kondisi yang lebih riil. Tapi kami terbiasa bertiga, jadi kalau sekarang terpisah rasanya agak aneh. Mungkin nanti setelah menambah beberapa peraturan dia bisa bergabung kembali bersama aku dan Ron di Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir sebagai Auror. Sayang sekali otaknya kalau tidak dimanfaatkan untuk membasmi Sihir Hitam" pungkas Harry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar