harry potter

harry potter

Kamis, 04 November 2010

“MENGAPA COKLAT MEMBANTU SETELAH TERHINDAR DARI DEMEENTOR”

Wow salah satu keajaiban karya Rowling dalam “Harry Potter” ini diantaranya dia menciptakan makhluk-makhluk magis tapi tetap masuk akal dengan latar belakang yang jelas. Love it…^^

# Dementor

Demenetor, seperti yang diketahui ada dalam cerita fiksi “Harry Potter” adalah makhluk magis mematikan. Tanpa wajah, mengenakan jubah tak berbentuk yang menutupi kulit berwarna “keabu-abuan, berlendir, dan berkeropeng.” Dementor juga “menguras perasaan damai, harapan, dan kebahagiaan, dari udara sekitar mereka” (Azkaban).
Dementor merupakan sejenis makhluk yang ditugaskan untuk menjaga Penjara Azkaban sehingga mereka memberontak dan menyertai Lord Voldemort. Dalam buku ketiga, Dementor telah dibebaskan dan ditempatkan di tempat-tempat tertentu untuk menangkap Sirius Black yang telah melarikan diri dari penjara.
Dementor menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal segala kesedihan dan ketakutan yang tinggal di kepala. Perkara tersebut sering membuatkan tawanan Azkaban gila dan membunuh diri. Makhluk ini juga merupakan perkara yang paling ditakuti dan ini disahkan apabila boggart memberikan bentuk dementor ketika tugas ketiga Kejahatan Triwizard dalam Harry Potter dan Piala Api.
Kecupan Dementor adalah istilah yang digunakan bagi merujuk perlakuan dementor menghisap jiwa seseorang sehingga jasad itu kosong atau lebih teruk daripada mati.


# Penjelasan J.K.Rowling

Berdasarkan dari seorang pewawancara, J.K.Rowling menegaskan bahwa Dementor mewakili penyakit kejiwaan yang disebut depresi: “Itulah mereka persisnya. Memang disengaja, dan sepenuhnya berasal dari pengalaman saya sendiri. Depresi adalah hal paling yang tak menyenangkan yang pernah saya alami. Ketidakmampuan untuk membayangkan bahwa kau akan bisa kembali bahagia. Ketiadaan harapan. Perasaan mematikan, yang amat berbeda dari rasa sedih. Sedih memang menyakitkan, tapi itu perasaan yang sehat. Itu suatu yang perlu dirasakan, sedangkan depresi amat berbeda.”

Orang mau tak mau menyadari bahwa obat yang dianjurkan untuk mengurangi efek Dementor adalah cokelat, yang kata dokter bisa membuat orang-orang depresi bisa lebih baik. Cokelat memiliki efek yang sama dengan obat yang diresepkan dokter. Tentu saja, sepertinya cokelat obat dari hamper semua penyakit di dunia Harry. Seperti juga Harry yang diberi cokelat oleh Prof.Lupin setelah melihat Dementor, dan harry merasa lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar