harry potter

harry potter

Kamis, 04 November 2010

“SIAPA SESUNGGUHNYA YANG MENULIS BUKU RAMALAN?”

Buku pelajaran ramalan yang digunakan murid-murid Hogwarts “Menyingkap kabut Masa Depan” – ditulis oleh seorang wanita bernama Cassandra Vablatsky. Nama flamboyant itu sempurna bagi seorang ahli ramal. Nama itu berasal dari dua orang terkemuka yang kehidupannya berhubungan dengan ramalan dan sihir.

Dalam mitos Yunani, Cassandra adalah cenayang – orang yang bisa melihat masadepan. Ia menerima berkah itu dari dewa Apollo yang mencintainya. Apollo menjajikan hadiah berupa kemampuan meramal masa depan, jika Cassandra membalas cintanya. Tapi setelah dijadikan cenayang, Cassadra berubah pikiran, maka Apollo dengan marah mengutuknya dengan menyatakan tak ka nada seorangpun yang akan mempercayainya. Kutukan ini menyebabkan banyak kesedihan bagi Cassandra.

Cassandra berperan dalam kisah terkenal Kuda Troya. Karena ia putri raja Priam dari Troya, ia berada dikota itu saat diserang pasukan Yunani yang berusaha menguasainya. Setelah pasukan Yunani tampak hendak menyerah, meninggalkan hadiah berupa kuda kayu raksasa, ia memperingatkan ayahnya agar jangan buru-buru merayakan kemenangan – dan, yang terpenting, jangan membawa kuda kayu itu kedalam tembok kota. Namun karena kutukan Apollo, ayahnya tidak mendengarkannya. Tentu saja pasukan Yunani bersembunyi didalam kuda itu. Mereka menunggu sampai kuda itu dimasukan kedalam kota dan semua orang telah terlelap, kemudian menyelinap keluar dan menguasai Troya.

Nama belakang Cassandra Vablatsky tak diragukan lagi diambil dari nama Helena Petrovna vablatsky (1831-1891), pendiri perkumpulan Teosofi, yang tujuannya termasuk “menyelidiki hukum alam yang tak dapat dijelaskan dan bakat terpendam umat manusia” – dengan kata lain ‘sihir”.

Wow… Rowling keren yaaaa…., gak sembarang membuat tokoh penting dalam karyanya, ada sejarah unique dan penting dibalik semua nama tokohnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar